Manajemen Pemasaran
Pemasaran
adalah suatu proses dan manajerial yang membuat individu atau kelompok
mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan,
menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain atau
segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau jasa mulai dari
produsen sampai konsumen. Peranan pemasaran saat ini tidak hanya menyampaikan
produk atau jasa hingga tangan konsumen tetapi juga bagaimana produk atau jasa
tersebut dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menghasilkan laba.
Sasaran dari pemasaran adalah menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai
superior, menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah,
mempromosikan secara efektif serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada
dengan tetap memegang prinsip kepuasan pelanggan. Ada beberapa macam faktor yang mempengaruhi mengapa seseorang
membeli suatu produk tertentu untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Selain
jenis produk, faktor ekonomi, faktor psikologis, faktor sosiologis dan
antropologis atau kebudayaan juga menentukan perilaku pembelian seseorang.
Menurut
Indriyo Gitosudarmo (1999) manajemen pemasaran adalah suatu usaha untuk
merencanakan, mengimplementasikan (yang terdiri dari kegiatan mengorganisaikan,
mengarahkan, mengkoordinir) serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan
pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efesien
dan efektif. Di dalam fungsi manajemen pemasaran ada kegiatan menganalisis
yaitu analisis yang dilakukan untuk mengetahui pasar dan lingkungan
pemasarannya, sehingga dapat diperoleh seberapa besar peluang untuk merebut
pasar dan seberapa besar ancaman yang harus dihadapi. Penjelasan fungsi
pemasaran yang merupakan kegiatan terpadu dan saling mendukung, antara lain
perencanaan pemasaran, implementasi pemasaran, pengendalian/evaluasi kegiatan
pemasaran. Manajemen pemasaran bertugas mempengaruhi tingkat, waktu, dan sifat
permintaan untuk membantu organisasi mencapai sasarannya. Jadi manajemen
pemasaran tersebut tidak saja menyangkut pencarian dan peningkatan permintaan
tetapi juga menyangkut pengubahan dan pengurangan permintaan.
Komentar
Posting Komentar